2024AKTIFITASAktivitasAktivitas SekolahARTIKELPEKAN PENANAMAN ADAB

PPA: Adab Lebih Dahulu Dari Pada Ilmu

*Siswa SD IT Al Furqon Melaksanakan Pembelajaran Penanaman Adab Sebelum Menuntut Ilmu pada Semester 2 Tahun Ajaran 2023/2024

sd.sitalfurqon.com – Adab atau etika yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kita sepakat bahwa adab sendiri lebih utama dari pada ilmu hal ini menerangkan bahwa adab atau etika yang baik tentunya  perlu menjadi landasan atau pondasi dalam kehidupan sehari-hari yang harus dimiliki seseorang sebelum mengejar ilmu pengetahuan. Dengan memiliki adab yang baik, seseorang dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilannya untuk tujuan yang baik dan positif bagi dirinya dan orang lain.

Adab atau etika yang baik juga sangat penting dalam hubungan sosial dan interaksi antara manusia. Dalam Islam, misalnya, kita ditekankan untuk memperlakukan guru dengan baik dan selalu berakhlak mulia kepadanya, sehingga dengan demikian hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya memiliki adab yang baik dalam hubungan sosial antara seorang penuntut ilmu (pelajar) dan guru. Terkhusus bagi kita yang sedang mencari ilmu tentu hal yang paling mendasar yaitu tentang bagaimana cara kita berperilaku baik terhadap orang yang memberikan ilmu kepada kita yaitu kepada guru.

Selain itu alasan lain mengapa kita perlu menjaga adab terhadap Guru kita yaitu dikarenakan guru adalah seseorang yang sudah ikhlas meluangkan waktunya untuk memberikan serta mengamalkan ilmu nya kepada kita. Kemudian tujuan utama seorang guru adalah mengamalkan ilmunya pada murid murid nya dengan senang hati dan pastinya dengan kesabaran. Karena guru mengajarkan kita dari kita tidak tahu apa – apa sampai kita mengetahui ilmu bahkan sampai kita sukses. Tanpa ilmunya kita tak akan jadi apapun. Untuk itu kita harus menjaga adab kita pada guru kita.

Baca juga:   Siap-Siap 17 Agustus! Inilah Cara Sekolah Ajarkan Nilai Sportivitas ke Anak

Lalu? Bagaimana kita menjaga adab kita terhadap guru kita?

Banyak cara yang bisa kita lakukan. Namun, yang paling utama dan mendasar adalah, patuh akan perintah nya, selalu semangat saat guru meminta bantuan apapun. Selalu tunduk saat didepan nya dan tidak melawan apapun yang diperintahkan kecuali yang merupakan perintah keburukan. Karena barakah ilmu kita terletak pada keridhoan dari guru kita. Dan ridho nya guru terdapat pada bagaimana kita menghargai guru kita.

Membicarakan tentang adab di SDIT Al Furqon pada awal pembelajaran pada setiap semesternya selalu mengawali pembelajaran tentang adab terlebih dahulu, pembelajaran tentang adab ini biasa di sebut dengan Pekan Penanaman Adab, Kegiatan ini dilakukan selama sepekan atau 5 hari yang mulai dilaksanakan pada hari Senin, 8 Januari sampai Jumat, 12 januari 2014. Adapun adab-adab yang diajarkan dan ditanamkan pada diri ananda adalah adab kepada guru, adab berwudu, adab berdoa, adab di masjid, toilet training, adab cinta lingkungan, adab masuk ruangan, adab bersalaman, adab naik turun tanggan, adab bergaul, adab di lapangan, adab belajar dan adab berpenampilan. Semua ini diajarkan bukan sekadar teori saja, namun ananda langsung diajarkan praktiknya sehingga ananda dapat benar-benar paham dan mengerti semua adab yang diajarkan dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, maupun di dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga:   Pekan Penanaman Adab

Dari penanaman adab selama sepekan tersebut kita berharap tentunya para siswa SDIT Al Furqon dapat mengetahui adab yang paling dasar terlebih dahulu, dan tentunya mendahulukan adab sebelum menuntut ilmu, karena dengan mempelajari adab, maka kita akan mudah mempelajari ilmu. Sebab, kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab (etika). Ilmu menjadi berbahaya bagi pemiliknya dan orang lain karena tidak dihiasi akhlak. Bahkan mungkin kita juga sering mendengar,

“Ilmu tanpa adab seperti api tanpa kayu bakar, dan adab tanpa ilmu seperti jasad tanpa ruh”

Begitu pentingnya adab hingga Allah SWT menempatkanya sebagai hal yang paling utama. Sebab, kepintaran pun tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab. Ilmu bisa saja menjadi berbahaya bagi pemiliknya dan orang lain karena tidak didampingi dengan adab. Kita juga harus memahami peran penting menanamkan adab pada proses pengembangan karakter peserta didik yang baik, karena di era saat ini adab dan karakter mulai pudar oleh perkembangan zaman yang semakin modern dan canggih ini.

 


Penulis : Nanda Dwi Pratama
Editor/Cover : Novia Noer Pratiwi
Fotografer : Ramdani


Ikuti kami untuk berita dan info menarik lainnya
Instagram : sdit.alfurqon.palembang
Youtube : SDITALFURQONPALEMBANG

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close