2023ARTIKEL

Siapakah Kita ?

sd.sitalfurqon.com – Setiap orang mempunyai karakter dan kepribadian yang berbeda, termasuk didalamnya seorang yang kembar identik sekalipun. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kepribadian sering disebut sebagai Personality. Mumik muka adalah salah satu yang dapat menggambarkan situasi kepribadian seseorang pada saat tertentu, namun tidak sedikit orang yang bisa menyembunyikan perasaannya agar tidak nampak.

Lalu seperti apakah kepribadian kamu? Apakah kamu sudah mengenal tentang karakter kamu sendiri? Seberapa kenal kamu dengan diri sendiri? Apakah kamu yakin sudah cukup mengenali dirimu sendiri? Jika ada orang yang melakukan kesalahan pada kita, alih-alih berkata “Dia jahat”, bukankah lebih baik bila kita menilai diri sendiri agar dapat memperbaiki diri? Sayangnya, memang menilai orang lain lebih mudah daripada menilai diri sendiri. Kebanyakan kita jika ditanya kekurangan dan kelebihan pasti akan bingung menjawabnya.

Baca juga:   SDIT AL Furqon Palembang Ujian PTS Semester Genap

Mengenali diri sendiri itu sangat penting, mengapa? Pengetahuan tentang diri sendiri atau Self-Knowledge adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk melihat dan memahami dirinya sendiri. Dengan merenungi, menilai, dan memahami diri sendiri memberimu kesempatan untuk berkembang dan menjadi sosok yang lebih baik.

Dari sinilah kita harus berusaha mengenali diri kita sendiri. Dengan mengetahui diri sendiri kita dapat menentukan apa yang kamu suka, apa yang bisa membuat kamu bahagia, atau mencari tahu hal berkualitas apa yang bisa kamu lakukan. Lebih dari itu, memahami dan menemukan jati diri memberi kita semacam arah hidup. Apa yang kamu inginkan? Apa yang ingin kamu capai? Bagaimana kamu akan mencapai keinginan-keinginanmu itu?

Cara mengenali diri sendiri yaitu :

1) Pahami kelebihan dan kekurangan.

2) Menulis di buku catatan harian.

Baca juga:   Agenda Spesial NSC Kembali di Gelar

3) Bersikap jujur pada diri sendiri.

4) Tentukan nilai penting dalam hidup kamu.

5) Dengarkan kata hati.

6) Belajar hal-hal baru.

7) Kenali batasan emosi.

8) Baca buku-buku inspiratif.

9)Memahami diri lewat orang lain (meminta bantuan orang lain untuk berkata yang jujur karena terkadang orang disekitarmu bisa mengenal dirimu dengan baik).

10) Mengikuti tes kepribadian.

Manfaat mengenali diri sendiri yaitu:

1) Meningkatkan kepercayaan diri.

2) Dapat lebih mencintai diri sendiri.

3) Mudah menemukan solusi dalam suatu masalah.

4) Dapat mencapai tujuan kedepan.

5) Dapat memahami orang lain.

6) Dapat mengetahui potensi diri.

7) Dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Jadi, sudahkah kita mengenal diri kita?? Yuk belajar memahami diri sendiri!!

* Penulis : R.A. Halimatussakdia, S.Psi

*Penyunting : Edi Apri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close