2023Aktivitas SekolahFOTO UTAMANEWS

Pelatihan Penulisan CP, TP DAN ATP Bersama Bunda Mona

SD.Sitalfurqon.com – Bergulirnya kurikulum merdeka tentu memberikan wawasan baru bagi seluruh elemen pendidikan, tak terkecuali bagi guru di sekolah. Dengan diterapkanya kurikulum merdeka maka terdapat perubahan dari proses pembuatan perangkat mengajar guru dari kurikulum sebelumnya.

Dengan adanya perubahan tersebut maka seluruh guru pengampu mata pelajaran dibekali pelatihan tentang cara pembuatan perangkat ajar CP, TP dan ATP untuk peserta didik, Pelatihan penulisan CP, TP dan ATP ini sendiri dibina langsung oleh Waka Kurikulum yaitu Bunda Mona Moulyna, M.Pd. Kamis (9/3/2023)

Mengenal materi Pelatihan penulisan perangkat ajar CP, TP dan ATP

kenapa pemerintah membuat CP, TP dan ATP? Adapun alasanya yaitu untuk menunjang pembelajaran pada kurikulum merdeka itu sendiri, hal ini didasarkan bahwasanya pemerintah ingin menekankan seyogyanya peserta didik itu menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran dan assesmen pembelajaran, karena nantinya akan memudahkan guru atau sekolah dalam menjadikan peserta didik menjadi pembelajar yang aktif serta memudahkan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dari kurikulum merdeka itu sendiri. Dari sini kita sudah tergambar mengenai fungsi dari cp, tp dan atp

Baca juga:   Luar Biasa SDIT Al Furqon Mendominasi, Sabet Juara Umum di Alifah Star Competition 2022

lalu apa itu CP,TP,dan ATP itu? Mari kita ulik sekilas mengenai CP,TP,dan ATP berikut ini;

  1. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian pembelajaran adalah kompetisi pembelajaran yang harus di capai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD dan seterusnya. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara , CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase) untuk mencapai garis finis, pemerintah sendiri membuat kedalam enam etape yang disebut fase, dan disetiap fase lamanya yaitu antara 1-3 tahun.

Baca juga:   Pekan Penanaman Adab

Sudahkah tergambar mengenai CP? Ya, CP secara singkat dapat kita gambarkan sebagai capaian apa  yang ingin dicapai oleh peserta didik,  kurang lebih itulah yang disebut sebagai CP pada kurikulum merdeka.

Lalu apa yang dimaksud dengan TP?

  1. Tujuan Pembelajaran (TP)

TP sendiri merupakan turunan dari CP yaitu setelah menyusun capaian apa yang hendak ingin dicapai oleh peserta didik kemudian di turunkan kembali menjadi tujuan pembelajaran (TP).

  1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran. *Nanda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close