2023Aktivitas SekolahNEWS

30 Guru Siap Sukseskan Buletin Sekolah

Buletin Aku Bisa Media Kabarnya Sekolah Kita

sd.sitalfurqon.com – Sebanyak kurang lebih 30 guru SDIT Al Furqon Palembang telah mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dan desain layout, Rabu (08/03/2023). Acara yang dimulai pada pukul 13.00 sampai 15.00 WIB tersebut telah digelar di lab komputer dengan menghadirkan Pembina yang ahli dan berpengalaman dibidang Jurnalistik serta Layouting, yaitu ustaz Edi Apriyanto sebagai pembina kepenulisan literasi dan jurnalistik, kemudian satu lagi pelatih desain layout dibina oleh Bunda Novia Noer Pratiwi.

Foto guru-guru SDIT Al Furqon saat melakukan pelatihan layouting, Rabu (8/3/2023)

Melalui kegiatan pelatihan kepenulisan serta desain layout tersebut Bunda Mona Moulyna, M.Pd selaku ketua literasi SDIT Al Furqon Palembang mengatakan bahwasanya kegiatan tersebut merupakan usaha sekolah untuk membekali guru – guru yang tergabung dalam redaksi buletin sekolah agar memiliki kemampuan mendesain serta mampu menulis berita yang baik dan sesuai kaidah kepenulisan serta standar layout.

“Alhamdulillah sekolah kita ada program penerbitan media kabar sekolah yaitu Buletin Aku Bisa, yang rutin kita terbitkan setiap bulan per tiap edisinya. Maka kegiatan guru-guru hari ini yang ikut kegiatan pelatihan jurnalistik dan desain layout ini dipersiapkan untuk mewujudkan program tersebut” Ujarnya.

Baca juga:   Siapakah Kita ?

Sementara Kepala Sekolah Ustaz Zakiudin, S.Pd melalui pelatihan tersebut ia berharap, bahwa setelah mendapat pelatihan tim redaksi buletin sekolah hendaknya guru-guru yang tergabung dalam tim redaksi dapat semakin makin bersemangat dalam menulis berita sekolah dan informasi lainya, terlebih buletin yang akan diterbitkan nanti bisa menjadi sarana penyambung informasi sekolah kepada pembacanya yaitu guru, siswa, wali siswa dan masyarakat luar. Apalagi mengingat kehadiran bulletin sekolah yang sudah menerbitkan belasan edisi tersebut banyak mendapat apresiasi dari pembaca, Ungkapnya.

Ustaz Edi Apriyanto selaku Pembina dalam memberikan materi pada pelatihan jurnalistik menekankan secara spesifik terhadap penulisan berita dalam dunia jurnalistik dengan penggunaan 5W+1H sebagai pondasi dasar dalam membuat berita. Lebih lanjut, ia juga sedikit mengingatkan bahwasanya setiap berita di usahakan ditulis sesuai kaidah dan tidak asal-asalan menulis sehingga apa – apa yang kita tulis dapat memberikan informasi yang baik bagi para pembaca.

Salah satu peserta pelatihan Weki Pradinanta mengungkapkan “Alhamdulilah dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut saya pribadi menjadi lebih tahu tentang dunia tulis-menulis dengan kaidah jurnalistik seperti tips membuat judul yang baik serta menarik dan mendapatkan ide-ide dalam membuat berita menggunakan berbagai macam sudut pandang. Saya menantikan kedepannya kegiatan serupa tetap digelar agar ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan lebih baik lagi”

Baca juga:   Tatkala Siswa SDIT Al Furqon Menikmati Sensasi Berkuda di 3D Stable

Sementara pada pelatihan lainya yaitu platihan desain layout Bunda Novia Noer Pratiwi, menekankan pada pelatihanya ketika akan mendesain menurutnya membutuhkan moment waktu yang cukup atau waktu luang, karena menurutnya desain layout juga termasuk bagian seni, maka yang dinamakan seni haruslah menyertakan emosial perasaan serta hati dan pikiran yang tenang sehingga dapat berkosentrasi menuangkan ide serta kreativitas seni, sehingga hasil akhir karya yang dibuat akan terlihat indah untuk dilihat serta dinikmati, kemudian yang menjadi dasar dalam melayout ia menenkankan kepada tim layout hendaknya memperhatikan aspek psikologi warna dalam melayout yaitu memilih warna yang soft/lembut. Ungkapnya.

Di sesi terakhir pada pelatihan jurnalistik dan layout para peserta pelatihan diberikan tugas karya tulisan dan layout serta diberikan refrensi contoh berita dan layout yang sesuai dengan kaidah jurnalistik serta standar layout. *Nanda

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *