2023FOTO UTAMALITERASINEWS

Perpustakaan Humanis, Tingkatkan Minat Baca Siswa

sd sitalfurqon.com Perpustakaan mungkin menjadi salah satu pilihan akhir tempat yang akan dikunjungi para pelajar dan guru dari sekian banyak fasilitas yang ada di sekolah pada umumnya. Jikapun masih ada perpustakaan yang sering dikunjungi, itu karena menjadi alternatif yang tak ada pilihan lain.

Bahkan, sebagian besar para pengunjung perpustakaan tidak datang untuk membaca dan memcari sumber ilmu dari perpustakaan, tapi hanya sekadar bersantai dan menghabiskan waktu luang mereka.

Hal salah satu yang mampu menunjukkan bahwa tingkat minat baca siswa yang sangat rendah, sehingga ini menjadi salah satu perhatian utama di Sekolah Islam Terpadu Al Furqon Palembang. Sebab bagaimana pun juga ilmu akan diperoleh lebih mendalam ketika siswa membaca dan mencari di gudangnya, yakni perpustakaan. Apalagi SDIT Al Furqon Palembang memiliki program Sekolah Literasi.

Untuk mendukung langkah itu, Perpustakaan SDIT Al Furqon Palembang semakin menunjukkan bahwa disektor ini mampu menghasilkan dan menjadi salah satu penunjang keberhasilan siswa dalam belajar selain ustaz dan bunda.

Baca juga:   Viral Isu Penculikan, Hoaks atau Fakta

Berupa manajemen, klasifikasi dan katalogisasi, pelayanan perpustakaan, promosi dan minat baca serta pengenalan teknologi informasi. Perpustakaan SDIT Al Fuirqon semakin menunjukkan eksistensinya menjadi gudang ilmu pendidikan yang terdepan dan humanis. Bagaimana tidak, perpustakaan dapat berbenah agar lebih menarik untuk dikunjungi dan dapat memberikan pelayanan informasi dengan maksimal.

Fenomena yang terjadi saat ini, ungkap Pustakawan SDIT Al Furqon Palembang, Nanda Dwi Pratama, S.IP., sering kali siswa tidak diberi pancingan untuk masuk ke perpustakaan, sehingga banyak yang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah tempat tersimpannya buku, bukan tempat untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin.

“Ini salah satu penyebabnya karena pengelolaan perpustakaannya belum tepat, sehingga  harus dibuat sistem dan program yang menarik agar perpustakaan dapat menjadi tempat yang sangat nyaman untuk belajar siswanya, yang peling penting pelayanan harus humanis,” beber Ustaz Nanda.

Baca juga:   Outbound Sdit Al Furqon Palembang

SDIT Al Furqon Palembang selalu mengutamakan kualitas dan kuantitas yang menjadi program unggulan, salam satunya Sekolah Literasi, program ini dijalankan dengan harapan sekolah dapat menghasilkan karya dan membuka wawasan peserta didik akan kebahasaan, seperti membaca, menulis, mendengar dan berbicara, sehingga ananda mampu menjadi insan yang cakap akan ilmu pengetahuan yang mumpuni.

Hani Ainun Mardhiyah, siswa kelas 1 Zaid ini mengungkapkan, sering sekali sekarang ke perpustakaan, banyak buku yang menarik di sana (Perpustakaan SDIT Al Furqon Palembang), ustaznya ramah, bisa pinjam buku, tempatnya nyaman, pokoknya betah kalau sudah di sana.

“Setiap hari pasti ke perpustakaan untuk baca, kadang pinjam buku di sana. Pelayanannya ramah, bukunya pun bagus-bagus,” ungkap Hani dengan polosnya. *Edi Apri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close