2023NEWSRELIGIUS

Al Furqon Ajarkan Berbagi Sejak Dini

sd sitalfurqon.com Sedekah salah satu ibadah yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan bersedekah kita juga dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan. Untuk yang bersedekah akan dilipatgandakan balasan dan pahalanya sesuai dengan firman Allah SWT.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia. (Q.S Al Hadid:18)

⁠Namun ada satu waktu yang memiliki keistimewaan dalam bersedekah sesuai dengan ajaran Islam ialah pada hari Jumat. Karena hari Jumat memiliki keutamaan yang lebih baik dibandingkan hari lainnya. Seperti dalam hadis Imam Syafii dalam kitab Al-Umm bab tentang “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

Baca juga:   Memperkaya Ilmu Tajwid, Guru Al Furqon Dilakukan Pengujian

Artinya: Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’. (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

SDIT Al Furqon memiliki program kencleng Jumat yang peserta didik diajarkan sejak dini untuk selalu berbagi terutama di hari Jumat. Karena itu menjadi salah satu program ungggulan yang ada di SDIT Al-Furqon Palembang yang merupakan sekolah penggerak, sekolah rujukan dan sekolah yang diminati masyarakat.

Hal ini juga sejalan dengan keterangan dari Ibnu Qoyim dalam kitab Zadul Ma’ad,

“Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam”.

 

Seperti yang diutarakan oleh Wakil Kurikulum Bidang Keislaman SDIT Al Furqon Palembang, Ustaz Mukarrom, M.Pd. Dari semua kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pelajaran yang berharga bagi semua terutama kegiatan ini dapat diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui program ini juga siswa diajarkan untuk dapat menyisihkan sebagain uang jajan miliknya untuk berbagi membantu meringankan beban saudara-saudaranya di luar sana.

Baca juga:   Pentingnya Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat dan Bakat

“Alhamdulillah, semua berawal dari rasa kepedulian para siswa yang begitu tinggi untuk dapat membantu sesama. Tentu di samping itu, kita juga ingin agar anak didik kita dapat menerapkan setiap nilai-nilai pembelajaran di sekolah untuk bisa di salurkan kepada lingkungan sekitar dan masyarakat umumnya. Ya melalui kepekaan dan kepedulilan ini misalnya,” pungkas Ustaz Mukarrom. *Edi Apri

Berikut 9 manfaat jika melakukan sedekah pada hari Jumat:

  1. Termasuk amalan saleh
  2. Dapat memperluas pintu rezeki
  3. Dapat pahala berlipat ganda
  4. Mendapatkan pertolongan atau syfaat pada hari akhir
  5. Mendapat limpahan karunia
  6. Memperkuat tali silaturahmi
  7. Memberi berkah rezeki dan keluarga
  8. Seperti sedekah pada Bulan Ramadan

Merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *