2022ALUMNINEWSTESTIMONI

Monitoring Mutu Pendidikan, SDIT Al Furqon Kedatangan Pengawas Supervisi Manajerial

sd.sitalfurqon.com – Pemerintah menetapkan delapan standar nasional pendidikan: (1) standar isi, (2) standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5) standar sarana dan prasarana, (6) standar pengelolaan, (7) standar pembiayaan, dan (8) standar penilaian pendidikan (PP RI no. 19 thn 2005) untuk peningkatan mutu pada setiap jenis, jenjang dan jalur pendidikian. Standar nasional pendidikan sebagaimana dikemukakan di atas, pada hakekatnya menjadi arah dan tujuan penyelenggaraan pendidikan yang harus menjadi acuan sekaligus kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.

Tenaga pengawas TK/SD, SMP, SMA dan SMK merupakan tenaga kependidikan yang peranannya sangat penting dalam membina kemampuan profesional tenaga pendidik dan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah. Pengawas hendaknya berperan sebagai konsultan pendidikan yang senantiasa menjadi pendamping bagi guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Lebih dari itu kehadiran pengawas harus menjadi agen dan pelopor dalam inovasi pendidikan di sekolah binaannya. Kinerja pengawas salah satunya harus dilihat dari kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh sekolah binaannya. Dalam konteks itu maka mutu pendidikan di sekolah yang dibinanya akan banyak tergantung kepada kemampuan profesional tenaga pengawas.

Tepatnya kamis (03/11) SDIT Al Furqon Palembang dihadiri pengawas supervisi manajerial. Supervisi manajerial merupakan suatu upaya yang dilakukan pengawas untuk membina kepala sekolah khususnya, dan warga sekolah umumnya dalam pengelolaan sekolah serta fokus penting lainnya yaitu agar sekolah terakreditasi dengan baik dan dapat memenuhi standar nasional pendidikan. Sasaran supervisi manajerial adalah pengelolaan aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung terlaksananya pembelajaran. Untuk melaksanakan supervisi manajerial pengawas perlu memahami prinsip-prinsip, metode dan teknik yang ada, serta menerapkannya sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang hendak dicapai. Sehingga jabatan pengawas sekolah harus melalui program pendidikan profesi dan sertifikasi pengawas sekolah.

Baca juga:   Bentuk Karakter Pancasila, Sekolah Penggerak Lakukan Gelar Karya Makanan Tradisional Palembang

Dengan dilakukanya supervise manajerial tersebut SDIT Al Furqon sendiri telah menyiapkan dan melengkapi semua pemberkasan jauh-jauh hari. Adapun Instrumen pemberkasan yang telah disiapkan  untuk supervisi yaitu meliputi Administrasi kelas, Admimistrasi dan manajemen sekolah, Sarana dan prasarana, Lingkungan dan budaya sekolah, Peran serta masyarakat, Peserta didik, Administrasi kurikulum dan pembelajaran, Pembiayaan sekolah, Tenaga pendidik dan kependidikan, Organisasi dan kelembagaan. Rangkaian kegiatan ini berjalan lancar tanpa kendala dan diharapkan dengan kunjungan ini dapat membantu kepala sekolah dan staf sekolah lainnya dalam mengelola administrasi pendidikan, menuju pada peningkatan mutu pendidikan secara umum, dan sekolah serta pembelajaran secara khusus.

Baca juga:   Berbagi dan Mencari Inspirasi Tentang Studi Banding, SIT Inayah Blitang ke SIT Al Furqon Palembang

Supervise manajerial ini dilakukan oleh Pengawas pembina SD kecamatan kemuning Elha Zudartilah, S.Pd,M.Si. dimana beliau datang pukul 7.30 wib disambut oleh Kepala Sekolah Ustaz Zakiudin, S.Pd.I Dan juga beserta jajaran nya.

Sementara dalam pelaksanaan supervisi manajerial tersebut kepala sekolah mengaku sudah siap karena menurutnya persiapan serta pemberkasan sudah disiapkan jauh-jauh hari.

“ semua persiapan telah di siapkan mulai dari pemberkasan, kemudian kesiapan dari guru-guru terutama walikelas sudah menyiapkan diri dari jauh hari. Dan diharapkan mendapatkan hasil yang terbaik”. Ucap ustaz Zakiudin.

Bak gayung bersambut, bunda Mona  Moulyna selaku Waka Kurikulum mengatakan bahwa supervisi berjalan lancar serta dari supervise tersebut mengharapkan hasil baik, jikapun ada kekurangan tentunya menjadi motivasi bagi kita untuk memperbaiki yang kurang atau belum terpenuhi.

“Alhamdulillah supervisi manajerial berjalan dengan lancar, pengawas pun mengatakan data atau berkas kita sudah bagus dan lengkap, meskipun ada juga sedikit instrument yang belum terpenuhi kita berdoa saja  semoga supervisi kita hari ini memperoleh hasil yang terbaik”. Ujar Bunda Mona. (*Kiki Wijayanti)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *