2022NEWS

ANBK Pengganti UNBK Terlaksana Tanpa Kendala

sd.sitalfurqon.com SDIT Al Furqon Palembang kembali melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), ANBK merupakan bagian evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Sesuai dengan namanya yaitu berbasis komputer maka proses pelaksanaanya sendiri menggunakan komputer atau laptop disertai dengan adanya jaringan.

Adapun untuk memetakan mutu sistem satuan pendidikan tersebut akan dinilai berdasarkan 3 Instrumen Assesmen Nasional yang akan diujikan, tiga Instumen Assesmen Nasional tersebut diantaranya yaitu Assesmen Kompetisi Minimum (ujian kemampuan membaca dan berhitung), Survei Karakter ( mengukur 6 aspek karakter seperti akhlak mulia dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkhebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreativitas), Survei Lingkungan Belajar (merupakan survei guna mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah).

SDIT Al Furqon sendiri dijadwalkan melaksanakan ANBK pada 31 Oktober – 1 November 2022. Pada hari pertama pelaksanaan ANBK yang dimulai pada hari Senin (31/10) kegiatan yang diujikan yaitu Assesmen AKM (Literasi) dan Assesmen Survei Karakter, Kemudian dilanjutkan ANBK hari kedua pada hari Selasa (1/11) adapun soal yang diujikan berupa assesmen Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar.

Pada proses pelaksanaanya jumlah siswa yang mengikuti ANBK yaitu berjumlah 35 siswa, dimana 30 siswa peserta utama sementara terdapat 5 lagi peserta cadangan pengganti jika peserta utama sakit atau tidak hadir. Untuk peserta ANBK sendiri yaitu siswa kelas 5 yang dipilih sebagian secara acak oleh pemerintah, guru maupun kepala sekolah. Kemudian untuk pelaksanaanya dalam 1 hari dibagi menjadi 2 sesi dimana setiap sesi menyertakan 15 siswa, lalu untuk sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB kemudian untuk sesi kedua dimulai pada pukul 10.30 WIB.

Baca juga:   Mewujudkan Generasi Emas yang Tangguh dan Berjiwa Islami

Dalam pelaksanaan ANBK yang dilakukan selama dua hari tentu sudah berjalan lancar, seperti halnya yang telah disampaikan oleh Novia Noerpratiwi,S,Si selaku pengawas Proktor/pengawas aspek teknis ANBK.

“Alhamdulillah pelaksanaan ANBK yang dilaksanakan selama dua hari ini berjalan lancar, tidak ada kendala teknis yang dihadapi. Baik komputer dan jaringan semuanya tidak ada gangguan, serta aplikasi ANBK juga tidak terjadi error. Ungkapnya

Sementara salah satu siswa kelas 5 salman yang mengikuti ANBK yaitu Satria Abiyasa mengaku tidak ada kendala dalam pelaksanaanya.

“soal ANBK kalau nggak salah berjumlah 35 soal, alhamdulillah bisa mengerjakanya dan tidak binggung. Karena sebelumnya sudah simulasi/latihan mengerjakan soal ANBK dikomputer” ungkap Abiyasa

Dikutip dari hot.liputan6.com ANBK bukan sekadar menjadi proses pemetaan sistem pendidikan dan memajukan pendidikan di Indonesia, tetapi lebih dari itu. Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) menjelaskan tujuan ANBK adalah terdiri dari empat hal penting yang berasal dari turunan instrumen penilaian ANBK diantaranya yaitu

Baca juga:   Siswa SDIT Al Furqon Palembang Meraih Prestasi PAC Merdeka Competition Tahun 2022

1. Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar

Tujuan ANBK adalah meningkatkan kualitas belajar mengajar. Adanya ANBK, dapat mengetahui perbaikan kualitas belajar-mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan lagi. Apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal.

2. Meningkatkan Kemampuan Literasi

Tujuan ANBK adalah meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

3. Meningkatkan Kemampuan Numerasi

Tujuan ANBK adalah meningkatkan kemampuan numerasi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur kemampuan numerasi setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan numerasi masing-masing peserta.

4. Menganalisa Karakter

Tujuan ANBK adalah memaksimalkan analisa karakter peserta didik. Melalui ANBK, dapat dianalisa hasil belajar social-emosional masing-masing peserta. Analisa karakter peserta diukur dari beberapa aspek profil belajar Pancasila (*Nanda)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close