2019RELIGIUS

Cinta Sesama

SDIT AL FURQON PALEMBANG – Sesungguhnya Allah azza wa jalla telah menjadikan kedekatan dan kecintaaan di antara kaum mukminin. Oleh karena itu, seorang mukmin harus mencintai saudaranya sesama mukmin dengan tulus dari dalam hatinya. Sebagaimana Allah terangkan dalam Al Qur’an (At Taubah ayat 71)

“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain.”

Merujuk pada ayat di atas, SDIT Al Furqon sebagai salah satu lembaga pendidikan berusaha untuk mengimplementasikan ayat tersebut,  yaitu melalui sebuah program yang dinamakan “Cinta Sesama”. Sesuai dengan namanya, fokus program ini adalah mewujudkan kepedulian kepada sesama yang meliputi peduli dengan anak yatim  & kaum dhuafa,  menjenguk rekan yang sakit, silaturahmi kepada teman yang  baru mendapatkan buah hati, membagikan sembako (bakti sosial) kepada masyarakat yang membutuhkan dan masih banyak lainnya yang berhubungan dengan hablumminannaas.

Dalam hal kepedulian di internal SDIT Al Furqon, jika ada rekan kerja yang sakit ataupun yang mendapatkan kabar gembira berupa tambahan keluarga (lahiran anak), maka tradisi yang sudah lama dilakukan oleh keluarga SDIT Al Furqon adalah dengan menjenguknya. Semua ini dalam rangka menjalin tali kekeluargaan antar sesama internal Al Furqon yang mana semua itu agak langka dilakukan saat ini dikarenakan intensitas mengajar dan kegiatan yang cukup padat, sehingga kesempatan dalam hal berkomunikasi dengan rekan lainnya cukup terbatas. Maka dari itu,  inilah momen yang tepat untuk menjaga hubungan kedekatan keluarga SDIT Al Furqon.

Baca juga:   Akreditasi SDIT Al Furqon Palembang

Begitupun dalam hal kepedulian dengan sesama (luar Al Furqon). SD IT Al Furqon bekerja sama dengan Yayasan Yatim Mandiri untuk penyaluran dana kepada masyarakat yang membutuhkan di mana rutinitas ini dilakukan setiap minggunya. SD IT Al Furqon via Yayasan tersebut memberikan bantuan berupa donasi yang didapatkan dari kencleng per kelas. Al Furqon juga mengadakan kegiatan Bakti Sosial yang diadakan setiap tahun tepatnya di bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut diadakan agar umat Islam dapat merasakan momen istimewa yaitu bulan Ramadhan & menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. Yang menjadi basis sasarannya adalah masyarakat sekitar, anak panti asuhan, penyapu jalan dan orang-orang yang kurang mampu. Kita berharap dengan bantuan yang sedikit tersebut paling tidak dapat meringankan beban sesama, apalagi bisa memberikan kebahagiaan hingga membekas di hati mereka.

Baca juga:   Pesantren Kilat Ramadhan 1440 H SD Islam Terpadu Al Furqon Palembang

Program cinta sesama ini merupakan salah satu di antara banyak  program yang dilandaskan pada keimanan. Berharap dengan izin Allah supaya program ini dapat berkesinambungan. Mungkin saja yang dilakukan ini tidaklah seberapa dan kecil nilainya jika dilihat dari sisi materi, waktu maupun tenaga, namun jika semua yang tidak seberapa tadi dibarengi niat yang tulus maka akan menjadi besar timbangan pahalanya. Berapa banyak orang yang melakukan amalan besar namun kecil atau bahkan tidak mendapatkan pahala sama sekali, sebaliknya betapa banyak manusia yang melakukan amalan yang dianggap remeh oleh orang lain namun mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah. Yang membedakan semua itu adalah niat. Amalan sekecil apapun jika diniatkan dengan tulus karena Allah maka Allah akan memberikan pahala yang besar (*M. Andriansyah, S.Pd.I)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close