2021ALUMNILITERASINEWS

Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SDIT Al Furqon Palembang

SDIT AL FURQON PALEMBANG – Asesmen Nasional merupakan sistem baru yang digunakan pemerintah, dalam hal ini kemendibud dalam mengamati atau mengukur mutu sekolah. Dimana ditentukan berdasarkan hasil belajas siswa dalam tiga kategori, literasi, numerasi, dan sikap (katarakter).

Untuk hasil belajar literasi dan numerasi yang diukur dengan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum yang umum dikenal sejak satu tahun terakhir dengan istilah AKM. Sementara penilaian sikap (karakter) yang diukur dengan dua jenis angket, yaitu Survei Belajar dan Survei Lingkungan Belajar yang dibedakan hari pelakasanaan tesnya. Dengan tujuan akhir dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, setelah dilakukan evaluasi ditingkat Nasional.

Setiap lembaga pendidikan, baik negri ataupun swasata, sekolah umum ataupun barbasi agama, wajib mengikuti atau melaksanakan kegiatan ini. Tidak ada SDIT Al Furqon Palembang yang juga melaksanakan program yang terjadwal dari pemerintah ini. persiapan dilakukan dari 3 bulan sebelum pelakasanaan, dimulai dengan menyiapkan panitia khusus dalam membimbing siswa dalam kondisi berani. Sampai pada persiapan tempat yang menjamin pelaksanaannya.

Peserta ANBK dipilih 30 orang siswa dari level kelas 5, yang nama-nama siswa tersebut dipilih secara acak oleh dinas pendidikan, berdasarkan data dapodik siswa yang terdaftar secara resmi. Sehingga memungkinkan setiap siswa mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi peserta. SDIT Al Furqon sendiri melakukan pembinaan kepada 30 siswa terpilih setela nama peserta dirilis resmi oleh dinas pendidikan. Pembinaan dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan bentuk-bentuk soal yang sebelumnya belum pernah disosialisasikan kepada siswa ditingkat kelas sebelumnya. Karena kententuan soal-soal AKM sendiri belum dimasukkan dalam Krikulum yang digunakan saat ini. Sehingga membutuhkan peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis teks bacaan dan penyelesaian masalah numerasi.

Baca juga:   Mimpi Emas Seorang Pendidik

Sebelum pelaksanaan, diberikan 2 kali kesempatan simulasi oleh dinas pendidikan, guna menguji kesiapan setiap sekolah dalam menghadapi kegiatan ini. Termasuk memperkenalkan siswa dengan sistem tes yang sesungguhnya. Sehingga pada saat pelaksanaan tidak ada lagi kendala yang dialamai siswa secara individu atau dari program sistem aplikasi dan jaringan internet. karena pelaksanaan tidak hanya di satu sekolah saja, melainnkan secara menyeluruh dalam skala nasional.

Selain siswa, semua guru yang terdaftar dalam dapodik juga diwajibkan untuk mengikuti tes dalam rangkaian ANBK ini. Namun guru hanya mengerjakan tes Survei Karakter dan Survei Lingkungan Sekolah. Tanpa mengerjakan Tes Literasi dan Numerasi, guru tetap membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam dalam mengisi setiap butir angket yang diberikan.

Untuk pelaksanaan guru lebih awal dari siswa, yaitu pada tanggal 15 dan 16 November 2021. Sedangkan pada tanggal 17 dan 18 November 2021, seluruh sekolah secara serentak melaksanakan kegiatan ANBK untuk siswa, dengan sistem waktu sesuai wilayah masing-masing. SDIT Al Furqon melaskanakan dalam dua sesi, yaitu sesi 1 pukul 08.00 – 10.30 WIB dan sesi 2 pukul 13.00 – 15.30. Hal ini dilakukan sesuai kondisi saat ini, setiap kegiatan harus tetap menerapkan Protkol Kesehata guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Baca juga:   Menumbuhkan Gemar Membaca Melalui Kutif

Dari pelaksanaan ini, tentunya memberikan dampak yang luar biasa bagi guru yang membimbing siswa terutama, dan bagi sekolah secara umum. Dapat dipastikan setiap sekolah akan melaksanakan berbagai pengembangan kurikulum di sekolahnya masing-masing, serta untuk meningkatkan standar pembelajaran dan pengembangan karakter siswa di sekolahnya masing-masing.

kepastian yang telah dijalani dan yang akan datang, tidak dapat terlepas dari peran orang tua siswa yang turut mempersiapkan prosesnya dari rumah. Sinergi antara orang sekolah dan orang tua siswa akan memberntuk karakter siswa yang konsisten dan terarah. Dari itu sekolah menghimbau dan tertarik kepada semua orang tua siswa SDIT Al Furqon Palembang untuk tidak bosan berjuang bersama sekolah. (*Weki)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close