NEWSPROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN

Kunjungan Edukatif Bersama Gubernur

Belajar Menyenangkan ala SDIT Al Furqon

SDIT AL FURQON PALEMBANG-Siswa SDIT Al Furqon  melakukan kunjungan edukatif (kutif) ke berbagai tempat yang disesuaikan tema pelajaran di setiap jenjang levelnya. Salah satu yang menarik dan menjadi perhatian, kunjungan edukatif level 4 dengan tema pelajaran Selalu Berhemat Energi. Melakukan kunjungan ke 3D Stable yang berada di daerah Gandus Palembang, Kamis (25/8).

Kutif ini merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah secara  berkelompok untuk mendapatkan suasana baru lokasinya dipilih di luar lingkungan belajar siswa biasanya yang dilakukan di sekolah.

Kepala SDIT Al Furqon  Palembang, Ustaz Zakiudun, S.Pd.I. mengungkapkan, kunjungan edukatif ini  memiliki tujuan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara nyata  di lingkungan luar sekolah.

“Kutif ini sebelumnya dilakukan setiap tahunnya karena menjadi agenda di kalender pendidikan SDIT Al Furqon Palembang, namun setelah terjadi pandemi beberapa tahun terakhir, ini dilakukan kembali. Bertujuan agar siswa belajar secara langsung dari lingkungan,”  kata Kepala SDIT Al Furqon Palembang, disela pendan dampingannya memantau langsung kunjungan edukatif siswa level 4 di 3D Stable, Kamis (25/8).

Baca juga:   Happy Fun di Alam Terbuka

Banyak yang dapat dipelajari sembari bermain, tambah Ustaz Zakiudin, karena anak butuh ruang terbuka untuk mengekpresikan apa yang ada di dlam dirinya. Karena itu kutif ini menjadi banyak sekali manfaatnya.

“Selain itu, kegiatan yang dilakukan di 3D Stable ini juga menumbuhkan sikap kerja sama, percaya diri, dan saling menolong secara berkelompok, serta melihat kemampuan anak dalam mengetahui hewan salah satunya kuda yang dapat dijadkan trasportasi alternatif dan banyak manfaatnya,” tambahnya.

Ia mengemukakan, anak-anak bukanya diajak melihat kuda, namun dapat menaiki kuda besar maupun kecil serta memberi makan kuda dengan jarak sangat dekatpun dapat mereka lakukan. Tak hanya mengenal hewan yang ada di sana , ananda juga diajak belajar memanah melihat tumbuhan yang ada disekitarnya juga.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga ketua Sekolah Islam Terpadu Al Furqon Palembang, Ustaz Agus Priyatmono, S.Pd yang memberikan plakat bentuk kenang-kenangan yang berikan sekolah yang menjadi rujukan ini.

Baca juga:   Belajar dan Bersenang-Senang dalam “Cooking Day”

Tak Hanya kepala SIT Al Furqon Palembang, yang paling membanggakan hadir juga Gubernur Provibsi Sumatera Selatan H Herman Deru yang membuka secara langsung acar kutif level 4.

“Anak-anak terus semangat belajarnya karena ini banyak sekali yang dapat kalian ketahui, silakan ikuti istruksi ustaz dan bunda setra kakak pemandu 3D Stable, silakan bermain dan mencoba apa pun yang ingin kalian ketahui,” ungkap Gubernur Sumatera Selatan yang juga datuk dari salah satu siswa SDIT Al Furqon Mandala.

Tak hanya mengungkapkan itu, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru juga sempat berdialog langsung dengan para siswa.

“Bawak makanan apa kalian kesini,” tanya H Herman Deru.

Semua siswa bersemangat menjawab pertanyaan orang nomor satu di Provinsi ini, ada yang menjwab membawa nasi goreng, rumput laut, sosis dan lain-lain. H Herman Deru menjawab dengan candaan yang menghangatkan suasana. (*Edi Apri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close